Super Binahong!

Ini bukan cerita superhero bernama binahong.. tapi hanya cerita tentang sebuah tanaman yang wajib dimiliki di halaman rumah :)

Tanggal 4 Desember lalu, Akram kejeduk ujung meja :( kena kelopak mata sebelah kiri, Alhamdulillah ngga kena bagian dalam mata, tapi sedikit luka gores.. Alhamdulillah ada binahong.

1 lembar daun binahong yang dipetik Dodi langsung saya kunyah, dan tempel di bagian luka.. memang prosesnya agak heboh, dengan tangisan Akram yang keras dan ayah-ibunya yang panik hehe :P daunnya ngga bisa nempel terus di bagian luka, karena Akram risih jadi disingkirin terus.. tapi yang penting sari dari daun binahong udah berhasil kena di bagian lukanya..

:(

tadinya bagian luka itu agak bengkak dan merah+biru karna memar.. setelah beberapa saat kemudian, bengkaknya hilang dan ngga terlalu merah lagi.. akhirnya setelah dia tidur saya coba pelan2 tempelin lagi daun binahong yang udah dipejek2 itu ke lukanya..

Alhamdulillah.. hasilnya? 2 hari saja luka mengering, dan luka keringnya copot sendiri begitu saja di hari ketiga.. dan sekarang, hampir tak berbekas :) super ya?

Untuk lebih jelasnya inilah dia.. Super Binahong  :D dug cess..

Pertama kali tau tanaman ini dari Ibu saya, katanya ini tanaman obat keluarga (TOGA) yang punya banyak khasiat untuk penyakit dalam.. yang ternyata tumbuh subur dan lebat di halaman depan dan belakang rumah saya..

Setelah bertanya pada paman Google, nama latin dari daun binahong adalah Bassela rubra linn, tanaman obat ini tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dan mempunyai banyak khasiat dalam meyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat.

Tanaman yang konon berasal dari Korea ini dikomsumsi oleh orang-orang Vietnam pada saat perang melawan Amerika Serikat pada tahun 1950 sampai 1970an.

Tanaman ini dikenal juga di kalangan masyarakat Cina dengan nama Dheng San Chi dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Tiongkok, Korea, Taiwan dll. Bagian daun dari tanaman ini yang biasanya dijadikan sebagai obat alami selain dari batang dan umbinya. (masih belum tau pasti batang dan umbinya berkhasiat untuk apa, mungkin perlu dicari jg :))

dia merambat di pipa air..

Bentuk daunnya mirip daun sirih tapi lebih kecil dan tebal, teksturnya halus, agak kenyal.. kalau ditumbuk dia berlendir, mirip lendir lidah buaya, hanya warna lendirnya hijau..

Di rumah saya, daun binahong udah banyak memberi khasiat! terutama untuk luka-luka!

Sepupu saya Upi, emang suka agak extreme kalo lagi main, dan langganan kejeduk atau jatoh, sekali waktu dia jatuh tersungkur di paving blok, mukanya baret besar dari jidat sampai ke pipi.. langsung tempel binahong, luka mengering cepat.. dan sekarang? ngga ada bekas luka :) Dahsyat ya? :D

Ibu, Om dan Mbah saya juga suka menggodok daun binahong dan diminum airnya, katanya setelah meminum airnya badan terasa lebih enak dan segar.. perlu dicoba juga :)

Naah.. tapi.. khasiat binahong ini bukan cuma untuk luka dan stamina.. ternyata khasiatnya lebih super lho.. :D, ini saya dapet dari beberapa sumber (saya taro sumber2nya di akhir postingan), supaya bisa dipertanggungjawabkan hehe :D

Beberapa lembar daun ini dikunyah hingga halus atau dimasak dengan segelas air dan diminum beserta ampasnya atau lebih mudah di jus atau diblender, jangan lupa daunnya dicuci dulu ya.. ini dia resepnya ;) :

A. Kategori Penyakit berat :

  • Batuk/muntah darah : 10 lembar daun diminum setiap hari
  • Paru-paru/bolong : 10 lembar daun diminum setiap hari
  • Kencing manis : 11 lembar daun diminum setiap hari
  • Sesak nafas : 7 lembar daun diminum setiap hari
  • Borok akut(menahun) : 12 lembar daun diminum setiap hari
  • Patah tulang : 10-20 lb daun diminum setiap hari
  • Darah rendah : 8 lembar daun diminum setiap hari
  • Radang ginjal : 7 lembar daun diminum setiap hari
  • Gatal-gatal /eksim kulit : 10-15 lb daun diminum setiap hari
  • Gegar otak ringan/berat : 10 lembar daun diminum setiap hari.

B. Kategori Penyakit Ringan

  • Disentri/buang air besar : 10 lembar daun diminum setiap hari
  • Ambeyen berdarah : 16 lembar daun diminum setiap hari
  • Hidung mimisan : 4 lembar daun diminum setiap hari
  • Habis bedah/operasi : 20 lembar daun diminum setiap hari
  • Luka bakar : 10 lembar daun diminum setiap hari
  • Kecelakaan/benda tajam : 10 lembar daun diminum setiap hari
  • Jerawat : 8 lembar daun diminum setiap hari
  • Usus bengkak : 3 lembar daun diminum setiap hari
  • Gusi berdarah : 4 lembar daun diminum setiap hari
  • Kurang nafsu makan : 5 lembar daun diminum setiap hari
  • Kelancaran haid : 3 lembar daun diminum setiap hari
  • Habis bersalin/melahirkan : 7 lembar daun diminum setiap hari
  • Menjaga stamina tubuh : 1 lembar daun diminum setiap hari
  • Penghangat badan : 5 lembar daun diminum setiap hari
  • Lemah syahwat : 3-10 lb daun diminum setiap hari.

Kalo untuk resep di atas, saya dapet dari beberapa sumber, memang belum pernah coba, tapi insyaAllah memang berkhasiat.. nah yang sudah pasti dicoba dan terbukti ampuh ya untuk menyembuhkan luka, artinya pemakaian luar (bukan diminum).

Biasanya untuk luka2/memar2 atau bisa juga untuk jerawat dan bisul ;), caranya ambil beberapa lembar daun binahong (sesuai kebutuhan atau besar luka), lalu ditumbuk/diulek sampai menjadi seperti lendir (mirip lidah buaya), lalu tinggal oleskan ke luka yang mau disembuhkan.. kalau mau cepat sembuh, pemakaian rutin setiap hari sebelum tidur atau kalau tidak mengganggu aktivitas juga bisa dipakai sehari dua kali saat siang dan malam :)

Selamat mencoba khasiatnya Super Binahong ya!

Kalau ada yang butuh silakan datang ke rumah saya bawa pot kecil beserta tanahnya, atau bisa ambil bibit daunnya aja tapi sampai di rumah cepet ditanam ya.. ngga susah kok membudidayakan tanaman ini, karna gampang tumbuh dimana2.. :)

Terima kasih Super Binahong! :D

Sumber-sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Binahong
http://sumbersumbermanfaat.blogspot.com/2011/12/khasiat-daun-binahong-untuk-kesehatan.html
http://www.dephut.go.id/ 

4 thoughts on “Super Binahong!

  1. ho ho ho… binahong juga berguna untuk yang kaligata atau gatel2..
    waktu sano kaligata di sekujur paha dan kakinya, juga ke badan2, langsung aja kuulek beberapa daun binahong, trus ditempel2in dee..

    hasilnya, beberapa jam kemudian sano ga gatelan lagi :D

    tx to nur yang udah berbagi soal binahong

  2. Nurrrr…..iiiih ada rumah virtual juga dirimu ..jadi bisa main2 deh :) Akram lucunyaaa…udah 1thn ya umurnya. Ya ya ya, aku juga ibu tanpa smartphone :D
    Eh itu khasiat binahong (kok kaya merk apparel surfing sih)..bisa diprotes para pria tuh, masa lemah syahwat masuk kategori penyakit ringan..hrga diri ieu teh,,harga diri sebagai lalaki.. bwahahahahaaa…

Leave a comment